Home » , , , » Cara Partisi MicroSD Card

Cara Partisi MicroSD Card

Written By Muhammad Encik on 5.14.2013 | 20.26

Cara Partisi MicroSD Card - Pada awalnya, saia tidak mengerti apa itu partisi. Sebuah aplikasi pada Android (Link2SD) meminta saia untuk melakukan partisi pada microSD Card yang saia gunakan untuk dapat memanfaatkan fitur pada aplikasi tersebut secara maksimal. Setelah saia mencari tahu di blog sebelah, akhirnya saia mengetahui arti dari partisi tersebut dan apa fungsi atau kegunaannya. Secara default, sebuah SD Card hanya memiliki satu buah partisi dengan system file fat32. Tujuan kita melakukan partisi pada sebuah SD Card adalah untuk membagi memori tersebut menjadi beberapa bagian (dalam kasus ini menjadi 2 atau 3 bagian). Manfaat dari partisi pada SD Card pada gadget (khususnya Android) adalah untuk membantu kinerja memory internal. Mengapa demikian? Beberapa aplikasi tetap akan “menulis” file pada memory internal meskipun aplikasi tersebut telah dipindahkan ke SD Card, sehingga akan menghabiskan memory internal pada device. Nah partisi pada SD Card tersebut berfungsi sebagai storage untuk menyimpan file yang “seharusnya” ditulis pada internal memory sehingga internal memory pada device Android anda memiliki slot yang aman.

Untuk mendapatkan manfaat dari partisi pada SD Card pada device Android anda, syarat utamanya adalah device Android tersebut telah melalui proses root, dan aplikasi yang dapat membantu memaksimalkan nya adalah Link2Sd yang merupakan aplikasi yang membutuhkan ijin SuperUser atau root. Saya sarankan device juga telah terinstal CWM karena akan sangat membantu. Dalam tutorial ini, kita akan membagi atau melakukan partisi pada SC Card menjadi 2 bagian (Partisi 1 dan Partisi 2). Sebelum mulai, siapkan dulu alat dan bahannya :
  1. Download aplikasi Minitool Partition Wizard
  2. Instal aplikasi tersebut pada PC / Notebook
  3. Selain device XPERIA, tidak disarankan menggunakan kabel USB, gunakanlah card reader. Jangan lupa untuk backup semua file pada microSD ke PC anda. Jalankan aplikasi Minitool Partition Wizard pada PC anda, pilih disk 2 (F: ) lalu klik kanan dan pilih move/resize.
  4. Lihat Gambar
    Lihat Gambar
  5. Bagian ini akan membuat Partisi pertama yang berguna untuk menyimpan data seperti music, gambar dll sehingga membutuhkan memory yang besar. Untuk SD Card berkapasitas kecil (seperti pada contoh, 2 GB) saya sarankan partisi ini menggunakan memory 1.5 GB atau sesuai kebutuhan anda. Untuk memori yang lebih besar, silahkan atur sesuai kebutuhan anda, yang pasti partisi ini disarankan menggunakan memory sekitar 75-90% atau lebih (yang paling besar) dari kapasitas memory yang tersedia. Cara mengaturnya adalah dengan menggeser kotak paling kanan pada size and location lalu klik ok.
  6. Lihat Gambar
  7. Sisa dari memory yang tidak terpakai akan kita gunakan untuk partisi kedua yang berguna untuk menyimpan data aplikasi seperti dalvik-cache (yang seharusnya di simpan di internal memory) sehingga internal memory pada device tetap aman. Klik kanan lalu pilih create seperti gambar di bawah (jika ada pop up menu, pilih yes).
  8. Lihat Gambar
  9. Pada menu Create As : Primary File System : FAT32 - Untuk memory berkapasitas kecil (seperti pada contoh, 2 GB) langsung saja klik OK. Untuk memory berkapasitas 4 GB atau lebih sebaiknya sisakan lagi memory untuk partisi ketiga yang berguna untuk membantu kinerja RAM. Tidak usah terlalu besar, cukup sisakan 80-500 MB saja untuk partisi ketiga (sesuai kapasitas memory) atau bisa juga langsung klik OK.
  10. Untuk kapasitas memory 2  GB lewati bagian ini) Untuk partisi ketiga, gunakan sisa dari memory partisi pertama dan kedua tadi. Partisi ketiga menggunakan kapasitas paling kecil, cukup 2-4% dari kapasitas memori atau sesuai kebutuhan anda. Klik kanan -> create. Create As : Primary -> File System : Linux Swap lalu klik OK.
  11. Setelah tidak ada sisa lagi, klik Apply pada pojok kiri atas dari Minitool. Pastikan anda tidak menggunakan power saver pada Notebook anda, dan matikan semua aplikasi yang berjalan pada PC atau Notebook anda (kecuali Minitool) serta nonaktifkan Antivirus anda. Jika sudah, klik Yes pada menu pop up.
  12. Lihat Gambar
  13. Tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, tutup minitool, masukkan kembali SD Card ke device anda (selain device XPERIA). Setelah proses ini, disarankan masuk ke menu CWM -> Wipe Cache Partition -> Yes, setelah itu pilih Mounts and Storage menu -> format /sd-ext -> Yes, lalu reboot system.
  14. Selesai, microSD telah di partisi. Silahkan coba menggunakan aplikasi Link2SD

0 komentar: